Rabu, 04 Mei 2011

TRI SARIRA


1.  Tri Sarira terdiri dari dua kata, yaitu “Tri” yang artinya tiga dan “Sarira” yang artinya badan. Jdi Tri Sarira artinya tiga lapisan badan manusia yang memiliki fungsi dan kualitas yang berbeda.

2.  Bagian-bagian Tri Sarira yaitu:
a.  Stula Sarira adalah lapisan badan paling luar. Disebut juga badan kasar atau badan wadag. Stula Sarira merupakan organ-organ tubuh yang dapat dilihat dan diraba yaitu fisik manusia. Stula Sarira terbentuk dari unsur Panca Maha Bhuta, yaitu:
1.  Pertiwi adalah segala zat yang padat. Contohnya: tulang, otot, daging, kuku, dan rambut.
2.  Apah adalah segala zat yang cair. Contohnya: darah, dan lender.
3.  Teja adalah segala zat panas. Contohnya: suhu badan.
4.  Bayu adalah udara. Contohnya: nafas.
5.  Akasa adalah zat eter. Contohnya: rongga tubuh

b.  Suksma Sarira atau badan halus adalah lapisan badan yang tidak dapat dilihat dan diraba, yaitu alam pikiran manusia. Alam pikiran letaknya jauh di dalam badan sehingga disebut dengan badan halus. Badan Halus dalam Agama Hindu disebut Suksma Sarira. Suksma Sarira adalah pikiran atau ingatan. Suksma Sarira dalam Bahasa Sansekerta disebut citta. Ingatan atau citta adalah pengalaman yang dibuat tubuh, dipikirkan, dilihat dan dirasakan selama manusia hidup di dunia ini.Citta adalah salah satu unsur yang membentuk watak atau budi seseorang. Pada citta ini terdapat unsur Dasendria, yaitu lima indriya pengengenal yang disebut Panca Budhindriya yang terdiri dari:
-    Cakswindriya adalah indria pengelihatan yaitu terletak pada mata
-    Srotendriya adalah indria pendengar yaitu terletak pada telinga
-    Ghranendriya adalah indria penciuman yaitu terletak pada hidung
-    Twakindria adalah indria pengenal rasa sentuhan yaitu terletak pada kulit
-    Jihwendria adalah indria pengecap yaitu terletak pada lidah
 dan lima indriya pekerja atau penggerak yang disebut Panca Karmendriya, yang terdiri dari:
-       Panindriya adalah indria penggerak pada tangan
-       Padendria adalah indria penggerak pada kaki
-       Garbhendriya adalah indria penggerak pada perut
-       Upastendriya adalah indria penggerak pada kemaluan laki-laki. Bhagendriya adalah indria penggerak pada kemaluan perempuan.
-       Pajwindriya adalah indria penggerak pada pantat atau dubur.

c.  Antakarana Sarira adalah lapisan badan yang paling halus yaitu Atman. Antakarana Sarira disebut juga badan penyebab. Atman inilah yang menjiwai manusia sehingga bisa hidup dan beraktivitas. Atma adalah yang paling berkuasa dalam tubuh manusia. Atma yang membentuk gerak pikiran dan tingkah laku manusia.

3.  Fungsi dari Tri Sarira adalah untuk menentukan kehidupan manusia di dunia ini. Tubuh manusia (Stula Sarira) adalah alat dari pikiran (Suksma Sarira). Sedangkan atman yang menentukan gerak pikiran manusia. Pikiran dipengaruhi oleh Tri Guna yaitu Satwam, Rajas dan Tamas. Apabila ingatan dipengaruhi oleh Satwam, maka seseorang akan menjadi bijaksana, pandai, pemaaf. Apabila ingatan dipengaruhi oleh guna Rajas maka seseorang menjadi pemarah, pendendam dan agresif. Apabila ingatan dipengaruhi oleh Tamas, maka seseorang akan menjadi malas, loba dan rakus. Jadi Stula Sarira adalah alat dari pikiran, Suksma Sarira adalah pelaksana atau yang menggerakkan, sedangkan Antakarana Sarira adalah menentukan arah gerak.

1 komentar:

  1. Nice blog dan pengetahuan. Mari sama-2 berbagi HTTP://radhalaksmi.blogspot.com

    BalasHapus